Pemilik mobil tua rata-rata merupakan kolektor mobil antik yang mencintai kendaraan yang dimilikinya. Pemilik biasanya akan merasa puas jika dia bisa merawat kendaraannya dengan baik. Jumlah mobil tua biasanya tidak terlalu banyak sehingga sangat penting mendaftarkannya ke program asuransi. Karena mobil tua membutuhkan perawatan dan perlindungan yang ekstra. Jika anda ingin memilih produk asuransi mobil tua yang tepat, anda harus memperhatikan beberapa tips berikut ini :

Pahamilah beberapa hal berikut ini ketika anda memilih asuransi mobil tua.

Pertama, pahami proteksi Comprehensive Insurance/All Risk

Meskipun biaya preminya terbilang tinggi namun banyak orang yang memilih asuransi jenis ini dengan jaminan ganti rugi terhadap kerusakan yang terjadi misalnya ketika terjadi pencurian, kecelakaan, mobil terkena musibah kebakaran dan lainnya.

Kedua, pahami perlindungan asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi jenis ini hanya bisa mengajukan pergantian klaim jika mobil customer mengalami kerusakan minimal 75% akibat bencana alam atau masalah lainnya. Jika kerusakannya kurang dari itu maka pihak asuransi tidak mau membayar kerugian.

Ketiga, membandingkan layanan dari berbagai penyedia jasa asuransi

Anda harus memperhatikan beberapa hal jika anda membandingkan layanan asuransi:

1. Perbandingan antara nilai premi yang harus anda bayarkan dengan perlindungan yang anda dapatkan.

2. Perbandingan antara keuntungan dan kerugian jenis asuransi yang ditawarkan dengan fitur dan proses klaim.

3. Jumlah pelanggan dan jumlah cabang yang dimiliki oleh penyedia jasa asuransi. Semakin banyak jumlah pelanggan dan semakin banyak jumlah cabang maka semakin baik manajemen keuangan dan layanan perusahaan asuransi tersebut.

Faktor yang Berpengaruh Terhadap Besarnya Premi

Ada beberapa hal yang menyebabkan mahalnya premi mobil bekas :

1. Harga Mobil

Harga mobil sangat berpengaruh terhadap besarnya premi. Semakin mahal harga mobil maka semakin mahal biaya premi yang harus dibayarkan setiap bulan. Jika yang diasuransikan adalah mobil antik maka harga preminya bisa jauh lebih mahal karena onderdil atau perlengkapan mobil juga terbilang langka serta berharga mahal.

2. Usia mobil

Usia mobil juga sebanding dengan nilai premi. Jadi, semakin tua usia mobil maka semakin tinggi nilai premi yang harus dibayarkan.

3. Jenis pelat

Jenis pelat mobil juga mempengaruhi besarnya nilai premi karena berhubungan dengan jumlah bengkel yang ada di kota asal mobil tersebut.

Memiliki mobil tua juga selain membutuhkan perawatan fisik juga membutuhkan perlindungan. Adanya asuransi mobil tua membuat anggaran perawatan mobil menjadi lebih terkontrol dan memberikan kenyamanan ketika sedang berkendara. Berdasarkan ulasan di atas, anda bisa memilih asuransi jenis TLO atau asuransi mobil All Risk yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jadi yang mana pilihan anda?