Mobil pada zaman sekarang seakan-akan sudah menjadi kebutuhan utama. Tanpa adanya mobil, aktivitas biasanya akan mengalami kendala. Terkadang, orang ingin membeli mobil namun biayanya sangat terbatas sehingga orang seringkali memilih membeli mobil secara kredit. Orang biasanya memilih untuk membeli mobil bekas dengan kredit karena nilainya yang terus menurun. Tak jarang juga orang lebih memilih untuk membeli mobil baru daripada mobil bekas dengan beberapa alasan.

Perusahaan leasing atau bank pemberi kredit biasanya sudah menetapkan bahwa mobil yang dikreditkan sudah mengandung asuransi. Tujuannya adalah untuk melindungi mobil selama masa kreditnya.

Artinya seseorang yang melakukan kredit mobil bekas sudah menerima asuransi sehingga asuransi mobil sudah termasuk ke dalam paket kredit mobil. Jadi asuransi ini wajib bagi anda yang ingin membeli mobil secara kredit di perusahaan leasing atau bank pemberi kredit tersebut.

Perusahaan leasing umumnya telah memasukkan asuransi mobil dalam paket mobil yang sudah dikreditkan. Anda tinggal membayar DP dan cicilannya tanpa harus memikirkan asuransi untuk mobil tersebut.

Namun harganya lebih mahal dibandingkan dengan perkiraan kita. Anda tentu ingin mendapatkan biaya yang lebih murah, kan? Jika ada tawaran yang lebih murah, anda pasti akan memikirkan ulang mana yang lebih cocok dengan kondisi keuangan kita.

Sebelum memilih, anda sebaiknya memahami dengan baik mobil yang akan anda beli secara kredit misalnya harganya, kondisinya, termasuk performanya. Jangan sampai badan mobil terlihat mulus namun mesinnya bermasalah.

Hal ini juga menentukan betapa pentingnya asuransi mobil yang ada dalam paket cicilan tersebut. Pastikan mobil bekas yang anda beli bisa mengcover semua resiko alias bersifat all risk. Jika tidak maka anda bisa mengeluarkan banyak biaya perawatan di tengah jalan.

Oleh karena itu, anda harus mencermati dan mengkritisi penawaran kredit mobil tersebut apakah asuransi mobil bisa memproteksi atau melindunginya secara keseluruhan. Jangan sampai asuransi yang ada pada mobil anda tidak mengcover semuanya.

Anda harus mewaspadai jebakan perusahaan asuransi

Tawaran kredit mobil bekas di pasaran cukup menggiurkan sehingga menarik minat banyak orang. Oleh akrena itu, anda harus hati-hati dan cermat dalam memilih mobil yang akan anda kredit. Anda sebaiknya jangan terjebak oleh permainan pemasaran.

Ada beberapa penawaran kredit mobil bekas yang menggiurkan namun hanyalah jebakan. Seperti apa tawaran tersebut ?

1. Bunga 0%

Bunga nol persen itu terlihat menguntungkan karena itu sebenarnya hanyalah strategi pemasaran. Karena bukan hal yang mustahil jika biaya yang dipotong tidak dibebankan pada biaya lainnya.

Bisa jadi bahwa biaya tersebut sudah dimasukkan ke dalam komponen yang lain. artinya anda bukan mendapatkan bunga nol persen tetapi anda membayar biaya lain yang sebenarnya jumlahnya cukup besar.

2. Free asuransi all risk pada tahun kedua

Penawaran kredit mobil yang bisa dibilang menjebak adalah penawaran gratis asuransi yang mengcover semuanya pada tahun kedua atau tahun keberapapun. Jika anda mendapatkan penawaran bebas biaya asuransi all risk pada tahun kedua dari mobil bekas yang anda beli secara kredit sehingga anda harus diwaspadai.