Kendaraan sangat dibutuhkan untuk anda yang ingin bepergian jauh dari rumah. Khususnya jika tinggal di kota-kota besar seperti di Jakarta atau di Surabaya. Meskipun kendaraan umum jumlahnya sudah semakin banyak namun kendaraan pribadi akan memudahkan aktivitas anda.

Jika anda punya kendaraan, anda tentu akan menjaga agar kondisi kendaraan anda selalu baik dan layak untuk dipakai. Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga kondisi kendaraan adalah dengan mengikuti asuransi kendaraan bermotor. Produk asuransi ini menjamin kerugian atau kerusakan yang terjadi pada mobil atau motor anda.

Apakah asuransi kendaraan terbilang penting? Mengapa?

1. Melindungi kendaraan dari resiko pencurian

Harga beli kendaraan bermotor cukup tinggi sehingga anda tentu akan sangat menjaga agar kendaraan tetap aman. Tetapi kita tidak pernah bisa memastikan bahwa kendaraan kita akan selalu aman. Meskipun kita sudah menjaganya dengan baik, namun resiko pencurian kendaraan tetap ada. Jadi, anda harus menggunakan asuransi kendaraan untuk menjaga kendaraan anda dari resiko pencurian. Jika terjadi pencurian terhadap kendaraan anda, maka pihak asuransi akan memberikan dana yang besarnya sesuai dengan ketentuan dari pihak asuransi.

2. Membantu anda bertanggung jawab kepada pihak ketiga

Ketika terjadi kecelakaan, anda biasanya akan sulit menghadapinya dan membutuhkan uang yang besar untuk bertanggung jawab. Anda membutuhkan biaya untuk membayar profesional dan menyelesaikan kasus hukum. jika anda punya asuransi kendaraan, maka pihak asuransi yang akan mengambil tanggung jawab anda jika terjadi kecelakaan. Anda tidak usah pusing dan membayar mahal untuk menyelesaikan tanggung jawab anda.

3. Melindungi dari resiko kendaraan

Kadang sekalipun anda sudah sangat hati-hati dalam mengemudi, namun kecelakaan tetap bisa terjadi baik kecelakaan besar atau kecelakaan kecil. Sekecil apapun dampak kecelakaan itu, biaya untuk memperbaikinya tetap membutuhkan dana yang besar. Dengan adanya asuransi kendaraan, biaya tersebut tentu akan lebih murah.

Jumlah premi asuransi kendaraan yang harus dibayarkan

Anda bisa merasakan manfaat asuransi kendaraan bermotor jika anda mau membayarkan premi kepada pihak asuransi. Besarnya biaya premi yang anda bayarkan tergantung pada beberapa hal berikut ini:

1. Jenis dan harga kendaraan

Hal pertama yang harus anda pertimbangkan sebelum menentukan biaya premi adalah jenis kendaraan. Jenis kendaraan ada 3 yaitu kendaraan non bus dan non truk, kendaraan bus dan truk serta kendaraan beroda dua.

Selain itu, harga kendaraan juga menjadi pertimbangan sebelum biaya premi asuransi ditentukan. Harga kendaraan juga dibagi menjadi beberapa kategori. Semakin mahal harga kendaraan anda, maka semakin mahal pula harga premi yang harus anda bayar.

2. Usia kendaraan

Selain itu, usia kendaraan juga menjadi pertimbangan dalam menentukan harga premi. Fasilitas dan aturan asuransi juga berbeda dan tergantung pada setiap perusahaan asuransi. Semakin tua usia kendaraan anda maka harga preminya akan semakin mahal.