Apakah anda pernah mengalami kehilangan mobil? Kehilangan yang dimaksud bisa pencurian dan tidak ada rekayasa yang terlibat dalam pencurian ini. Untuk anda yang sudah pernah kehilangan mobil, anda bingung apa yang harus anda lakukan. Apalagi jika mobil yang hilang tersebut dibeli secara cash. Resiko yang anda alami agak ringan jika anda mengasuransikan mobil tersebut. Namun jika anda membelinya secara kredit atau mengangsur yang mana cara ini menggunakan asuransi, maka anda masih bisa mengajukan klaim. Meskipun hal ini tidak bisa mengembalikan kerugian secara penuh namun setidaknya bisa memperkecil kerugian.

Anda yang selama ini menggunakan asuransi untuk mobil hilang, anda bisa bernafas dengan lega karena pihak asuransi akan menanggung resiko yang telah disepakati dalam polis sebelumnya. Pengajuan atau permohonan klaim yang dibutuhkan adalah surat laporan kehilangan, polis asuransi, formulir klaim, faktur pembelian, kuitansi yang bermaterai, KTP, SIM serta surat pemblokiran kendaraan.

Setelah dokumen-dokumen tersebut dikumpulkan, maka anda harus melakukan beberapa hal berikut ini :

1. Menghubungi perusahaan asuransi

Salah satu cara untuk mengajukan klaim kehilangan mobil adalah dengan menghubungi pihak perusahaan asuransi. Setelah anda menelpon pihak asuransi maka pihak asuransi yang akan menjelaskan tentang tata cara pengajuan klaim. Setelah itu, anda akan diminta untuk melaporkan kehilangan yang merupakan salah satu syarat untuk memenuhi pengajuan kalim. Kemudian, anda akan diminta untuk datang dan melakukan wawancara. Sebagai informasi, anda sebaiknya segera memberitahu leasing meskipun tenggang waktu yang tertera pada polis adalah 3 x 24 jam.

2. Lapor pada polisi

Setelah poin pertama anda lakukan maka anda harus datang ke polsek terdekat untuk membuat laporan tentang kehilangan. Pihak kepolisian akan menyita STNK serta kunci asli dan kunci duplikat. Anda akan mendapatkan tanda bukti penyitaan atas barang-barang tersebut.

3. Melakukan wawancara dengan perusahaan asuransi

Setelah anda lapor ke kantor polisi, maka selanjutnya anda akan mendatangi kantor asuransi untuk melengkapi formulir klaim dan melakukan wawancara tentang kejadian. Hal ini dimulai dari kronologi sampai dengan kejadian mobil hilang sampai denah di TKP. Selanjutnya, pihak leasing akan melakukan survey TKP sekaligus melakukan wawancara kepada masyarakat sekitar. Manfaatnya adalah untuk memastikan bahwa kehilangan mobil anda murni karena tindakan kriminal, bukannya rekayasa.

4. Blokir STNK

Kemudian, anda harus mengurus pemblokiran STNK dan mengurus surat tanda keterangan kehilangan. Setelah 2 sampai dengan 3 hari, baru anda akan menerima surat tanda pemblokiran.

5. Lapor ke Finance

Finance maksudnya adalah dengan biaya atas kredit mobil yang anda ambil. Nanti, pihak finance akan memberikan fotokopi BPKP yang dibutuhkan sebagai persyaratan mengajukan klaim. Jika pihak asuransi setuju dengan klaim yang anda ajukan maka pembayaran akan disetor oleh pihak finance. Setelah itu, akan dilakukan perhitungan terhadap total uang yang disetujui oleh perusahaan asuransi. Kemudian, jumlah itu dikurangi dengan hutang pokok kredit serta biaya administrasi. Sisanya akan ditransfer ke rekening anda. Untuk proses ini, jika disetujui maka semuanya sudah oke. Setelah itu, jika klaimnya sudah disetujui maka finance yang akan melakukan pembayaran.