Asuransi kendaraan menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk pemilik mobil. Kendaraan akan terlindungi dari berbagai resiko jika anda memilih produk asuransi yang tepat.

Untuk mendapatkan asuransi mobil terbaik, anda harus memilih perusahaan asuransi yang memberikan pelayanan yang lengkap. Premi harus proporsional, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah.

Selain itu, anda juga harus memahami aturan dari perusahaan asuransi agar anda bisa menggunakan pelayanan secara maksimal. Karena banyak nasabah yang tidak membaca dan mempelajari asuransi sebelum menandatangani perjanjian.

Ketika akan dilakukan klaim asuransi mobil, di sinilah akan terjadi kendala. Klaim seringkali ditolak karena tidak sesuai dengan polis. Padahal nasabah asuransi biasanya akan mengira bahwa mengajukan klaim sangatlah mudah. Kalau sudah begitu, biasanya yang rugi adalah nasabahnya alias anda. Sedangkan perusahaan asuransinya tidak mau menanggung klaim yang menjadi tanggung jawabnya.

Agar klaim asuransi mobil anda diterima, berikut ini solusinya.

Klaim asuransi mobil harus sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak asuransi. Klaim anda bisa ditolak jika anda tidak memenuhi persyaratan yang diajukan.

Berikut ini tips menghindari penolakan klaim asuransi mobil :

1. Langsung menghubungi pihak asuransi

Ketika anda mengalami musibah yang berhubungan dengan mobil anda misalnya kehilangan, pencurian, kecelakaan, rusak maka anda harus segera menghubungi pihak asuransi mobil anda.

Syarat pelaporan adalah maksimal 3 x 24 jam setelah kejadian. Jadi, anda harus melapor secepat mungkin agar anda tidak terlambat dalam membuat laporan. Laporan ini biasanya akan memudahkan anda mengajukan klaim dan proses survei.

Anda harus menjelaskan kronologi kejadian yang anda alami kepada pihak perusahaan asuransi sehingga mereka bisa memahami dengan jelas. Jika mobil anda mengalami kecelakaan maka anda harus segera menelpon pihak asuransi dan mengajukan klaim. Anda akan segera mendapatkan layanan yang anda butuhkan.

Perusahaan asuransi akan memberikan formulir klaim kepada anda. Anda harus mengisi dan melengkapi formulir ini agar bisa segera digunakan untuk memperbaiki mobil tersebut. Jangan lupa sampaikan bahwa dokumen pengajuan klaim sedang dipersiapkan.

2. Tunjukkan bukti-bukti

Mengajukan klaim asuransi mobil sebaiknya harus melengkapinya dengan berbagai bukti yang jelas. Ini menunjukkan bahwa anda tidak berbohong sehingga anda bisa segera mendapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi.

Bukti kecelakaan bisa berupa foto badan mobil yang penyok , cctv rekaman mobil hilang di parkiran dan bukti lainnya. Biasanya bukti-bukti ini juga akan menjadi bahan laporan yang akan diserahkan kepada pihak yang berwajib.

3. Menjelaskan kronologi dengan baik

Ketika anda mengajukan klaim asuransi mobil, anda akan diminta menjelaskan kronologi peristiwa secara gamblang. Bukan hanya itu, anda juga harus menjawab berbagai pertanyaan yang akan diajukan oleh pegawai asuransi.

Pastikan anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan lancar dan baik. Jadi anda harus mengingat dengan baik kronologi kejadian, waktu, lokasi, posisi pengemudi ketika kejadian berlangsung dan sebagainya.