Asuransi mobil merupakan salah satu jenis asuransi yang penting untuk dimiliki. Meskipun kita sudah berkendara dengan sangat hati-hati, namun belum tentu pengendara lain juga berhati-hati. Ada saja pengendara atau pengguna jalan yang melanggar lalu lintas atau tidak memahami haluan berkendara. Sehingga bukan tidak mungkin terjadi kecelakaan bahkan tindakan kriminal seperti pencurian.

Untuk mengatasi berbagai resiko tersebut, ada asuransi mobil yang bisa meminimalisir kerugian finansial jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan demikian, kerugian yang harus ditanggung tidaklah terlalu besar.

Namun jika anda memilih menggunakan asuransi mobil, itu artinya anda harus selalu membayar premi. Namun manfaat yang anda dapatkan akan sebanding dengan harga premi yang anda bayarkan. Syaratnya tentu saja anda harus bisa memilih asuransi yang tepat guna.

Saat ini, banyak perusahaan asuransi yang menyediakan kemudahan akses bagi penggunanya sehingga pengguna tidak harus mengalami keruwetan ketika mengajukan proses klaim. Agar manfaat yang didapatkan oleh pengguna bisa maksimal, maka perhatikan tips dan trik dalam membeli asuransi mobil.

Pertama, pahami dahulu bagaimana kondisi mobil

Agar bisa memilih asuransi mobil yang tepat maka anda harus memahami bagaimana kondisi mobil terlebih dahulu. Mobil keluaran lama dengan mobil keluaran baru tentu memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, layanan asuransi yang dipilih juga akan berbeda.

Jika harga mobil sangat mahal sehingga perbaikan yang ringan sekalipun membutuhkan biaya besar maka anda sebaiknya memilih asuransi all risk. Asuransi all risk sangat cocok untuk mobil yang sangat rentan terhadap kerusakan ringan.

Kedua, pilihlah asuransi dengan premi yang sesuai dengan kemampuan

Jangan sampai anda menunggak dalam membayar premi sehingga anda tidak bisa mendapatkan manfaat secara maksimal. Oleh karena itu, anda harus menghitung besarnya dana yang harus anda alokasikan untuk membayar premi. Selain itu, anda juga harus membandingkan besaran premi dan fasilitas yang diberikan oleh tiap perusahaan asuransi.

Ketiga, periksa kredibilitas perusahaan asuransi

Bagaimana cara memeriksa reputasi perusahaan asuransi? Anda bisa melihatnya dari rasio keluhan pelanggan, kualitas bengkel yang menjadi rekanna perusahaan serta prosedur klaim yang tidak terlalu mempersulit nasabah.

Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, anda harus mencari dari berbagai sumber mulai internet sampai menanyakan langsung kepada nasabah asuransi dari perusahaan tersebut.

Satu hal penting yang tidak boleh anda lupakan adalah pilihlah perusahaan asuransi yang berada di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Keempat, perhatikan berbagai layanan yang ditawarkan

Setiap jenis asuransi mobil tentu akan memberikan keuntungan yang berbeda. Pastikan bahwa anda mengetahui fitur layanan apa saja yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Perhatikan layanan tambahan seperti mobil ambulans, fasilitas mobil derek, pengadaaan mobil pengganti, hotline service dan sebagainya.