Keberadaan mobil memudahkan pemiliknya beraktivitas. Mobil termasuk aset yang bernilai tinggi sehingga pemilik mobil harus memiliki kemampuan dalam merawat dan melindungi mobil. Meskipun saat ini mobil terbilang bukan barang mewah lagi namun memiliki sebuah mobil tidak sesederhana yang dipikirkan oleh banyak orang. Ada banyak orang yang ingin memiliki atau mendapatkan sebuah mobil namun tidak tahu bagaimana cara merawat dan memeliharanya.

Ketika anda membeli mobil, pihak leasing biasanya akan memberikan penawaran atau rekomendasi dari beberapa perusahaan asuransi yang telah bekerja sama dengan mereka. Pihak leasing biasanya akan memberikan simulasi serta besaran asuransi yang mereka tawarkan. Anda harus mempertimbangkan dan memilih jenis asuransi yang tepat untuk anda. Penggunaan ausransi ini tidak bermaksud membebani anda dengan cicilan yang berat namun sangat penting untuk melindungi aset anda yaitu mobil.

Bagaimana jika pihak leasing ternyata tidak bekerja sama dengan perusahaan asuransi? Maka andalah yang harus mencari perusahaan asuransi yang tepat untuk mobil anda. Beberapa hal berikut ini wajib anda pikirkan ketika anda sedang memilih asuransi untuk mobil anda :

1. Kredibilitas perusahaan asuransi

Ketika anda sedang mencari perusahaan asuransi, hal pertama yang harus anda pertimbangkan dalam memilih perusahaan asuransi adalah pilihlah perusahaan asuransi yang punya reputasi baik. Pastikan anda menggunakan layanan perusahaan yang kredibilitasnya baik. Ada beberapa hal yang menjadi tolok ukur kredibilitas perusahaan :

a. Cara menyelesaikan klaim yang diajukan oleh nasabah

b. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan klaim dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pembayaran kepada nasabah

2. Layanan yang diberikan

Anda harus mengetahui jenis layanan yang diberikan oleh pihak asuransi dimana anda harus mengetahui dengan detail ganti rugi yang akan anda terima atas musibah yang anda alami. Anda harus menanyakan dengan jelas hal-hal yang berhubungan dengan klaim seperti jenis kerusakan yang akan dicover, proses kecelakaan yang bisa diklaim, waktu yang dibutuhkan untuk klaim dan hal-hal lainnya.

3. Caritahu keluhan nasabah terhadap perusahaan asuransi tersebut

Anda juga perlu memeriksa pengaduan terhadap perusahaan asuransi yang akan anda gunakan. Tujuannya adalah mencaritahu bagaimana perusahaan tersebut mengatasi berbagai keluhan dari para nasabahnya. Bandingkanlah jumlah keluhan yang anda dapatkan dengan jumlah keluhan yang berhasil diselesaikan oleh perusahaan asuransi tersebut. Jika keluhan yang datang lebih besar daripada keluhan yang diselesaikan oleh mereka maka perusahaan tersebut tidak bisa diandalkan dan menjadi pilihan.

4. Jumlah biaya asuransi

Pertimbangkan agar anda memilih jenis asuransi yang tidak terlalu membebani keuangan anda dan menimbulkan permasalahan dalam mengelola keuangan. Setiap perusahaan asuransi biasanya akan mengenakan tarif premi yang beragam dan sesuai dengan kebijakan perusahaan. Tetapi itu tentu sudah disesuaikan dengan kebijakan OJK. OJK bertugas menghindari perang tarif antar perusahaan asuransi.