Ketika anda ingin memilih asuransi mobil, maka ada banyak hal yang harus anda perhitungkan. Salah satunya adalah pengajuan klaim. Ada banyak orang yang berpikir bahwa mereka sedang melakuka pemborosan ketika mengambil asuransi mobil dan ternyata tidak terpakai. Jika tidak ada klaim sama sekali, itu artinya premi anda hangus. Anda merasa bahwa anda membuang uang sekian juta dalam waktu setahun hanya untuk membeli asuransi. Banyak orang berpikir dua kali ketika mereka akan mengasuransikan mobilnya.

Tidak sedikit nasabah yang kecewa dengan situasi yang seperti ini. Mereka biasanya tidak puas dengan kebijakan perusahaan asuransi mobil. Nasabah telah membayar premi yang cukup tinggi namun akhirnya tidak terpakai sehingga uang hilang begitu saja. Apalagi jika ada pengajuan klaim, namun pertanggungan yang keluar nilainya tidak sesuai dengan harapan. Kadang ketika pengajuan klaim, klaim yang dibayarkan tidak sesuai dengan perjanjian karena banyak peraturan dari perusahaan asuransi yang sering terlewatkan oleh nasabah.

Inilah yang mulai banyak dipahami oleh perusahaan asuransi. Karena tidak ingin kehilangan nasabah, banyak asuransi mobil yang mulai menawarkan produk asuransi mobil dengan prinsip jika tidak ada klaim, maka uang kembali. Dengan adanya promosi yang seperti ini, maka pasar asuransi mobil kembali meningkat. Nasabah banyak yang merasa tergoda dengan tawaran perusahaan asuransi tersebut. Karena mereka berpikir bahwa tidak beresiko untuk membayar asuransi yang seperti itu.

Asuransi jenis ini biasanya memasang jebakan. Banyak yang berpikir bahwa selama mobil baik-baik saja dan tidak ada masalah, maka uang akan kembali sepenuhnya. Padahal. Pemikiran ini harus diperbaiki. Karena tidak mungkin ada bisnis yang merugi atau tidak mendapatkan keuntungan sama sekali. Anda jangan berpikir bahwa uang anda bisa kembali dengan mudah.

Untuk mengembalikan uang, anda harus benar-benar memahami term and condition dengan jelas. Anda harus berpikir bahwa sumber utama pemasukan perusahaan adalah premi. Oleh karena itu, ada beberapa komponen biaya yang telah diperhitungkan oleh perusahaan asuransi sebelum mereka menetapkan premi.

Beberapa biaya tersebut antara lain :

1. Biaya akuisisi

Yang termasuk biaya akuisisi adalah biaya untuk membayar ongkos pemasaran. Biaya ini juga meliputi biaya perantara seperti pihak bank, agen asuransi, pialang dan sebagainya.

2. Profit asuransi

Tidak ada perusahaan yang mau rugi termasuk perusahaan asuransi. Oleh karena itu, biaya ini wajib diperhitungkan oleh perusahaan asuransi dalam menetapkan biaya premi. Jika tidak, maka perusahaan asuransi tentu akan sulit mendapatkan keuntungan dari produknya.

3. Overhead

Biaya overhead adalah biaya beban untuk membayar biaya operasional perusahaan asuransi misalnya gaji pegawai, biaya sewa gedung, biaya maintenance dan sebagainya.

4. Rasio klaim

Komponen biaya ini adalah rasio antara premi yang diterima dengan klaim yang dibayar. Jadi, jika dalam satu tahun ada 1 klaim dari 1000 mobil maka rasio klaim adalah 0.1%