Mobil tidak bisa dianggap sebagai barang murah yang didapatkan dengan gratis sehingga mobil harus dijaga dan dirawat dengan baik agar bisa bertahan lama. Salah satu usaha menjaga mobil adalah dengan mendaftar asuransi mobil. Asuransi ini antara lain melindungi anda dari resiko kerugian finansial yang mungkin akan dialami oleh mobil anda kelak.

Tak ada yang bisa meramalkan musibah yang akan menimpa kita. Terlebih lagi, kalau kita menggunakan mobil pribadi setiap hari. Oleh karena itu, sebagian besar orang menganggap bahwa asuransi mobil sangatlah penting untuk dimiliki.

Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dari asuransi mobil. Utamanya adalah resiko finansial yang mungkin bisa terjadi pada mobil anda ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Dengan banyaknya peminat asuransi mobil, bisa dikatakan bahwa asuransi mobil adalah industri yang sangat kompetitif. Banyaknya produk asuransi di pasaran seringkali membuat nasabah salah dalam memilih sehingga mereka pun menyesal.

Jika anda merasa tidak nyaman dan tidak puas dengan kinerja asuransi anda sekarang, anda bisa langsung berganti asuransi! Sekalipun melakukan ganti asuransi mobil membutuhkan waktu, tenaga dan biaya tambahan. Tetapi jika benar-benar dibutuhkan, anda bisa mengganti asuransi mobil.

Mengapa banyak orang yang kemudian memutuskan untuk mengganti asuransi mobil?

1. Perlindungan yang ditawarkan hanya sedikit

Apakah anda merasa bahwa asuransi yang anda miliki saat ini tidak sesuai dengan ekspektasi anda? Jika anda merasa ada komplain terhadap perusahaan asuransi anda saat ini, maka anda harus pindah layanan asuransi.

2. Kebutuhan perlindungan yang berubah

Alasan lainnya adalah jika kebutuhan perlindungan anda berubah tetapi perusahaan asuransi yang dimiliki saat ini tidak punya jenis pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan spesifik yang anda inginkan. Anda bisa saja memperluas perlindungan dengan membeli rider namun premi juga akan naik jika anda menambahnya.

Kalau sudah begini, anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti penyedia layanan asuransi mobil. Terlebih lagi kalau anda telah melakukan riset dan mendapatkan perusahaan asuransi lain yang lebih sesuai dengan kebutuhan anda. Anda tentu akan mendapatkan produk yang lebih menguntungkan dan premi yang sifatnya lebih ekonomis.

3. Pengalaman terhadap klaim yang buruk

Jika anda kurang senang dengan pelayanan klaim asuransi mobil anda saat ini, maka anda bisa berganti asuransi. Proses klaim yang berbelit, prosedur yang lambat dan bisa membuat anda merasa kewalahan tentu tidak diharapkan oleh para nasabah.

Kalau anda mengalami hal tersebut, maka anda tidak perlu berpikir panjang lagi. Anda harus segera pindah atau mencari layanan asuransi yang lain!

Anda bisa melakukan perbandingan lebih dulu dengan produk asuransi lainnya. Anda bisa bertanya pada forum online atau pada orang-orang terdekat seperi keluarga, sahabat, atau teman sekolah/kuliah.

Sebaiknya, anda pilih asuransi mobil dengan fasilitas klaim yang lebih cepat dan praktis.