Bagi pemegang asuransi mobil baik All Risk atau asuransi mobil Total Lost Only (TLO), pasti pernah mendengar bahwa melakukan klaim atas mobil lecer biasanya cukup sulit. Agar anda tidak kesulitan melakukan klaim ketika mobil anda lecet, anda harus mengetahui prosedur yang tepat agar proses klaim terhadap mobil lecet bisa didapatkan dengan mudah.

Bagaimana caranya?

PERTAMA, SEGERA MELAPORKAN KE PIHAK ASURANSI

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan melapor ke pihak asuransi yang terkait. Hal ini sangat penting karena pihak asuransi biasanya menetapkan batas maksimal pelaporan yaitu 3x24 jam setelah kejadian. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai klaim anda ditolak hanya karena anda melapor lebih dari batas ketentuan tersebut.

KEDUA, MELAMPIRKAN BUKTI FOTO

Selanjutnya, anda perlu melampirkan foto bagian mobil yang rusak untuk dijadikan sebagai bukti ketika melakukan klaim asuransi. Anda juga harus memberikan informasi yang jujur, jelas dan detail tentang kronologi yang membuat mobil anda rusak dan perlu diperbaiki. Jangan sampai anda berbohong. Anda juga bisa meminta bantuan kepada pihak berwajib agar lebih meyakinkan pihak asuransi.

KETIGA, MENGISI FORMULIR UNTUK PENGAJUAN KLAIM

Pihak asuransi biasanya akan memberikan form asuransi untuk diisi. Usahakan agar anda mengisi form tersebut dengan lengkap dan benar. Jika sudah lengkap, maka form itu bisa menjadi acuan untuk melampirkan proses pembiayaan. Pihak asuransi biasanya akan melihat form untuk menjadi bahan pertimbangan.

KEEMPAT, MEMBERIKAN DOKUMEN YANG LENGKAP

Saat mengajukan klaim asuransi mobil lecet, biasanya pihak asuransi akan meminta anda untuk menyiapkan beberapa dokumen penting sebagai persyaratan. Jika tidak lengkap maka klaim kita akan sulit disetujui oleh pihak asuransi. Beberapa dokumen yang dibutuhkan antara lain formulir klaim, salinan polis asuransi, fotocopy SIM dan STNK, serta surat keterangan dari polisi jika terjadi kecelakaan lalu lintas.

KELIMA, MENGGUNAKAN JASA BENGKEL REKANAN PIHAK ASURANSI

Setelah anda melakukan pelaporan, anda biasanya akan membawa mobil anda menuju ke bengkel. Tetapi, anda sebaiknya bersabar. Jika anda telah selesai melapor maka pihak asuransi biasanya akan mensurvei klaim yang telah anda ajukan. Tujuannya adalah untuk membuktikan kebenaran serta melihat kondisi mobil anda. Pihak asuransi biasanya akan mengeluarkan surat perintah kerja sebagai pengantar untuk melakukan perbaikan di bengkel. Proses ini biasanya hanya bisa dilakukan jika anda membawa mobil anda ke bengkel yang telah menjadi rekanan pihak asuransi.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan jika anda ingin mengklaim asuransi mobil anda yang rusak atau lecet. Beberapa cara di atas cukup mudah namun anda harus meneliti setiap poinnya. Semoga tips-tips yang ada di atas bermanfaat untuk anda.