Musim hujan telah tiba. Banjir biasanya akan terjadi khususnya pada kota-kota besar yang ada di Indonesia. Jika banjir terjadi, ada berbagai dampak negatif dan kerusakan yang terjadi. Banjir tidak hanya akan menimbulkan kerugian dalam bentuk materi tetapi juga akan memakan korban jiwa baik korban jiwa ketika terjadi banjir atau setelah terjadinya banjir. Selain itu, banjir juga menyebabkan kerugian finansial misalnya karena aktivitas ekonomi yang mengalami kelumpuhan total serta kerusakan yang dialami oleh infrastruktur.

Apa yang harus dilakukan jika terjadi banjir?

Anda sebaiknya melindungi diri anda sendiri serta seluruh anggota keluarga. Selain itu, pikirkan juga beberapa aset yang anda miliki seperti mobil, rumah dan benda berharga lainnya. Sebelum terjadi banjir, sebaiknya anda sudah memiliki asuransi terhadap kesehatan dan barang-barang berharga, salah satunya mobil. Ini bertujuan untuk melindungi diri anda dari kerugian finansial akibat banjir.

Kerusakan pada Mobil jika terjadi banjir

Ketika terjadi banjir, kita tidak jarang melihat mobil yang mogok di tengah jalan. Menghindar jelas tidak mungkin dilakukan khususnya untuk anda yang sedang berada di Jakarta dan sekitarnya. Jalanan yang sempit tidak akan memberikan ruang bagi anda untuk memutar arah atau masuk ke dalam parkiran yang aman karena jalanan bahkan bisa macet hanya dalam sekejap.

Apalagi jika mobil anda tiba-tiba terendam banjir dan anda sudah tidak punya waktu lagi untuk menyelamatkannya. Hal seperti ini sangat bisa terjadi. Jika anda mengalami hal ini maka satu-satunya cara yang harus anda lakukan adalah memberikan perlindungan asuransi mobil untuk mobil anda.

Anda juga harus mencermati semua polis asuransi kendaraan anda dengan baik agar anda bisa mendapatkan perlindungan atas kendaraan anda jika banjir terjadi. Jangan sampai sepelekan hal ini. Banyak orang yang tidak terlalu perhatian ketika membeli asuransi mobil. Biasanya asuransi mobil yang ditawarkan tidak mengcover kerusakan akibat bencana alam. Sehingga anda tidak akan mendapatkan ganti rugi jika terjadi banjir.

Cara klaim asuransi mobil yang terkena banjir

Sebagai pemilik asuransi kendaraan, anda juga tidak boleh secara sengaja menerobos genangan air dan banjir tanpa memikirkan kerusakan yang dialami oleh kendaraan anda. Penyedia asuransi juga punya ketentuan dan standar yang akan mereka tanggung. Jadi, anda sebaiknya menghindari genangan air dan jangan secara sengaja menerobos banjir karena klaim anda bisa saja gugur dan tidak ditanggung oleh pihak asuransi.

Berikut ini beberapa prosedur yang harus anda lakukan ketika anda mengajukan klaim asuransi mobil ketika sedang terkena banjir :

Pertama, anda harus menghubungi kantor perwakilan asuransi terdekat. Anda harus menginformasikan kejadian, posisi kendaraan dan kondisi banjir yang terjadi.

Kedua, putuskan semua aliran listrik dalam mobil, termasuk aki. Jangan pernah menghidupkan mesin mobil jika mobil telah terendam air.

Ketiga, anda sebaiknya segera meminta bantuan evakuasi, khususnya bagi mobil untuk menghindari kerusakan yang anda alami pada area mesin.

Keempat, siapkan dokumen yang anda butuhkan seperti nomor polis asuransi mobil atau fotokopi dokumen tersebut sehingga akan mempermudah proses klaim.