Ketika penggunaan asuransi semakin banyak, maka semakin banyak juga perusahaan asuransi yang muncul dan menawarkan perlindungan untuk mobil anda. Asuransi mobil sepertinya sudah menjadi keharusan saat ini. Selain untuk memberikan perlindungan, asuransi mobil juga bisa digunakan sebagai investasi perawatan. Tetapi, anda harus bisa memilih perusahaan asuransi mobil mana yang bisa menjamin mobil anda karena anda akan kecewa jika sampai memilih perusahaan asuransi yang salah.

Anda sebaiknya memilih perusahaan asuransi yang terpercaya dan punya rekam jejak yang bagus. Berikut ini adalah beberapa ciri perusahaan asuransi mobil yang tidak terpercaya.

1. TIDAK TERDAFTAR DI OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK)

Anda sebaiknya memeriksa lebih dulu perusahaan asuransi yang akan anda pilih. Apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar di OJK atau belum. Perusahaan asuransi yang kredibel biasanya telah terdaftar secara resmi di OJK. Sedangkan perusahaan asuransi yang abal-abal tidak terdaftar di OJK.

Cara mudah untuk memeriksa apakah perusahaan asuransi anda terdaftar di OJK atau tidak adalah dengan mencari tahu di situs resmi ojk atau menghubungi layanan konsumen OJK yang tersedia di semua kantor regional di Indonesia.

2. MEMBERIKAN PELAYANAN KLAIM YANG BURUK

Perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik biasanya tidak mempersulit nasabah dalam hal klaim. Berbeda dengan perusahaan asuransi yang tidak kredibel. Biasanya, prosedur klaim mereka terlalu berbelit-belit sehingga mempersulit nasabah. Dalam beberapa kasus, banyak klaim asuransi yang bahkan ditolak hingga dana pertanggungan yang juga tidak cair.

Kesulitan mengurus klaim ini akan membuat citra asuransi semakin buruk di mata masyarakat padahal kenyataannya tidak seperti itu.

3. MEMBERIKAN IMING-IMING BERUPA PREMI YANG MURAH

Premi murah yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan asuransi memang menggoda calon nasabah untuk membeli. Apalagi, emreka biasanya memberikan tawaran perlindungan menyeluruh terhadap mobil anda.

Anda harus mencurigai penawaran premi yang terlalu murah bahkan terkesan tidak wajar yang telah ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Ini dilakukan karena premi yang dibayarkan pada dasarnya sejalan dengan perlindungan yang akan diterima. Anda tidak mungkin akan mendapatkan perlindungan lengkap dan menyeluruh jika premi yang anda bayarkan terlalu murah.

4. TIDAK MENJELASKAN PENGECUALIAN

Perusahaan asuransi abal-abal biasanya tidak akan memberitahukan pengecualian pada nasabah dalam hal polis asuransi. Mereka biasanya tidak akan memberitahu konsumen tentang apa yang membuat polis asuransi ditolak atau bahkan tidak berlaku. Ini karena perusahaan asuransi abal-abal ingin mendapatkan keuntungan yang besar dari nasabahnya.

Sebaiknya Teliti Dulu Sebelum Membeli Produk Asuransi

Anda sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli asuransi dari sebuah perusahaan. Anda harus periksa apakah perusahaan tersebut kredibel atau tidak. Anda bisa mencari tahu hal tersebut melalui internet dengan mengakses website OJK atau dengan membaca berbagai testimoni dari orang-orang yang telah menggunakan asuransi tersebut.