Siapa yang tidak senang mendapatkan diskon atau potongan harga? Diskon menjadi keuntungan utama dalam membeli suatu produk. Diskon biasanya tidak hanya diberikan kepada pembeli produk namun juga diberikan dalam bentuk layanan jasa. Banyak orang yang tidak mengira bahwa asuransi juga memberikan diskon kepada para nasabahnya. Besar potingan harga ini adalah 10% jika anda menghubungi perusahaan lewat direct sales dan 15% jika anda membeli asuransi melalui agen asuransi. Besar diskon maksimal 25% dengan syarat tidak ada klausul atau perluasan jaminan yang dikurangi dari perjanjian polis anda.

Ada berbagai jenis diskon yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi antara lain:

1. DISKON PASANGAN

Ini adalah jenis diskon yang paling terkenal di antara jenis diskon yang lainnya. Biasanya pasangan, khususnya pasangan mudah, pasti mengendarai mobil yang sama. Selain itu, pasangan menikah punya resiko yang lebih rendah jika dibandingkan dengan orang-orang single yang masih berpetualang dengan bebas.

2. DISKON PEKERJAAN

Diskon ini biasanya diberikan kepada pelanggan yang punya pekerjaan tertentu seperti pekerjaan yang berhubungan dengan keamanan (militer, polisi dan sebagainya), pekerjaan yang berhubungan dengan nyawa orang lain (dokter, dan sebagainya) atau bahkan pekerjaan yang beresiko rendah seperti peneliti atau dosen/guru. Jika anda bekerja sebagai wiraswastawan di rumah, anda bisa bertanya apakah ada diskon yang diberikan pada anda karena anda jarang menggunakan kendaraan untuk keluar rumah.

3. DISKON SIAPA CEPAT DIA DAPAT

Ini biasanya berlaku ketika melakukan pembaruan atau perpanjangan polis. Beberapa perusahaan asuransi seperti Garda Oto menawarkan diskon sampai 10% kepada nasabah yang beralih dari perusahaan asuransi lain ke mereka. Anda harus melakukan riset tentang perusahaan asuransi lain minimal 2 minggu sebelum tanggal jatuh tempo polis anda untuk mendapatkan potongan harga yang satu ini. Karena persaingan perusahaan asuransi yang semakin ketat, anda bisa mendapatkan diskon jika anda bisa terus setia kepada perusahaan asuransi anda saat ini. Anda bisa menanyakan hal ini kepada agen anda.

4. DISKON KARTU

Diskon ini adalah diskon khusus yang bisa didapatkan dengan mendaftar serta menggunakan kartu yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan bank tertentu. Contohnya adalah Autocillin Card yang berfungsi sebagai kartu debit yang bisa digunakan untuk transfer dan tarik tunai serta sebagai kartu kredit untuk mencicil pembayaran premi asuransi Adira Autocillin sampai enam bulan tanpa bunga. Jika anda menggunakan kartu ini, maka anda bisa mendapatkan poin reward untuk membayar premi asuransi anda.

5. DISKON TANPA KLAIM

Potongan harga yang didapatkan karena tidak mengajukan klaim selama waktu tertentu.

Selain kelima diskon di atas, ada juga diskon yang diberikan ketika anda menunjukkan bukti jarak tempuh kendaraan dalam waktu tertentu. Ada juga potongan harga yang anda dapatkan ketika anda mengasuransikan rumah dan kendaraan pada perusahaan yang sama.