Bisnis penyewaan mobil masih menjadi bisnis yang sangat menjanjikan kali ini. Kendaraan roda empat terasa sangat nyaman, khususnya dalam cuaca terik. Kebutuhan terhadap mobil juga semakin meningkat setiap tahunnya. Tingginya kesibukan dan aktivitas masyarakat adalah salah satu penyebab utama. Apalagi masyarakat Indonesia cenderung suka melakukan mudik ke kampung ketika sedang liburan panjang. Hal ini bisa menjadi peluang agar bisnis berjalan dengan lancar.

Biaya sewa mobil biasanya menjadi penghasilan bersih yang tidak perlu disisihkan untuk mobil. Anda memang harus mengumpulkan uang setiap bulan untuk membayar mobil, sebagai pemilik bisnis rental. Tapi itu masih belum sebanding dengan keuntungan yang akan didapatkan.
Terlebih lagi ketika liburan panjang. Ada banyak orang yang pasti mengincar mobil rental untuk berlibur. Tentu harga yang dikenakan lebih mahal dibandingkan dengan harga sewa pada hari-hari biasa.

Dengan keuntungan yang besar pada bisnis tersebut, tentu saja ada juga berbagai resiko yang harus anda terima untuk usaha ini. Salah satunya adalah harga mobil yang tidak murah sehingga anda harus menyiapkan modal yang banyak untuk mobil. Belum lagi resiko yang harus dihadapi seperti kecelakaan, banjir, bencana alam, kerusuhan hingga kehilangan.

Entah usaha rental mobil anda masih dalam skala kecil atau sudah besar, namun anda tetap harus menghadapi resiko-resiko di atas. Inilah peran dan keuntungan yang diberikan oleh asuransi mobil untuk bisnis anda:

1. Premi yang lebih ringan daripada resiko

Kalau anda pernah menghitung atau membeli premi asuransi mobil, anda tentu tahu bahwa premi asuransi mobil biasanya tidak mencapai 5% dari harga mobil yang diasuransikan. Oleh karena itu, anda sebaiknya mengalokasikan dan mengeluarkan biaya untuk premi asuransi daripada harus menanggung resiko yang mungkin akan dialami oleh mobil rental.

2. Meminimalisir kerugian jika terjadi resiko

Mobil menjadi sarana utama mendapatkan keuntungan dalam bisnis penyewaan mobil. Jika sampai terjadi resiko terhadap mobil sehingga mobil tidak bisa beroperasi atau bahkan hilang, maka penghasilan anda juga bisa berkurang.

Dengan adanya asuransi mobil, maka kerugian yang ditanggung tentu akan berkurang karena anda bisa segera menggantinya dengan mobil lain atau membenahi mobil anda di bengkel. Kerugiannya juga tidak terlalu besar jika anda tidak menggunakan asuransi mobil rental.

3. Menghindari kerugian akibat tidak bisa mengontrol para penyewa mobil

Salah satu alasan mengapa asuransi mobil cukup penting adalah karena kita tidak tahu siapa saja yang akan menyewa mobil kita, bagaimana dia berkendara, apakah orang tersebut akan menjaga mobil kita dengan baik dan kemana penyewa akan pergi.
Anda mungkin akan mendata penyewa dan akan menyaring para penyewa dengan aturan di tempat penyewaan mobil anda. Namun tetap saja ada beberapa hal yang tak bisa anda kontrol.

4. Bencana alam dan resiko tidak bisa diprediksi

Selain penyewa, resiko dan bencana alam tentu tidak bisa diprediksi kapan dan dimana akan terjadi. Inilah yang membuat anda harus memikirkan dengan serius untuk punya asuransi mobil rental jika anda ingin membuka bisnis penyewaan mobil.